Selasa, 10 Januari 2017

Ini Dia Kuliner Jakarta yang Kamu Pasti Tidak Tahu

Wisata kuliner di Jakarta bukan cuma kerak telor. Di Kampung Tugu, Jakarta Utara ada makanan yang kamu pasti belum tahu namanya udang pisang. Tuh kan baru dengar.

Udang pisang adalah kue basah yang mirip dengan kue pisang namun dengan tambahan udang. Lekat dengan sejarah Kaum Mardjikers atau peranakan Portugis di Jakarta, kue ini hanya bisa ditemui pada hari-hari tertentu. Misalnya pada saat ritual Mandi-mandi atau pesanan saat kumpul keluarga.

Kue ini berbentuk segitiga sama sisi dengan balutan daun pisang. Apa saja isinya?

“Terbuat dari tepung beras, isinya pepaya muda, udang, bawang goreng dan gula. Bumbunya lada dan garam,” kata Uegeneniana Quiko, salah seorang Mardjikers.Lalu kenapa namanya udang pisang? Hal ini dikarenakan zaman dulu banyak yang bekerja sebagai pelaut dan petani. Sehingga udang dan pohon pisang berlimpah di Kampung Tugu.

Menurut Eugene, kue ini sudah dibuat secara turun-temurun. Ia sendiri telah belajar membuat udang pisang semenjak belia dengan sang mama.Beda tangan beda rasa, itu juga tercermin dalam udang pisang. Setiap famili memiliki rasa yang berbeda dengan resep yang sama.

“Orang bisa bedakan mana udang pisang buatan saya dan mana yang bukan. Begitu juga dengan yang lain,” jelas Eugene.

Traveler yang mau mencoba mencicipi udang pisang bisa datang dan memesan langsung di Kampung Tugu. Dengan harga Rp 3.000 traveler bisa merasakan kuliner khas Kampung Tugu yang merupakan perpaduan budaya Portugis dan Betawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar